Cara Mudah Menghilangkan Jerawat - Review TiffBody

by - January 06, 2017



Hai HOWDies, long time no post! T-T Halo semuanya, lama ga blogging maafin aku ya karena aku kemarin lumayan aktif di youtube untuk posting Makeup Tutorial. Anyway Selamat Tahun Baru semuanya, semoga tahun ini menjadi tahun yang penuh keberkahan untuk semuanya ya! Amiin.

Blog aku kali ini bukan tentang review, tapi cerita tentang perjuanganku melawan Jerawat, cerita ini kemungkinan akan panjang tapi tenang aja karena banyak tips dan informasi seputar jerawat yang pasti bermanfaat buat kalian! Yuk kita mulai dari kronologi kenapa aku bisa berjerawat parah! Awal aku mulai berjerawat adalah ketika tahun 2016, tanggal 1 Januari. Seperti yang kalian tau, aku sempat pergi ke outlet Sariayu untuk beli skincare, tepatnya Brightening Skincare dari BIOKOS milik Sariayu. Kalian bisa lihat postingannya disini https://bit.ly/2zHcjw8

Kenapa sekarang bilang karena itu? Bukannya pernah bilang Sariayu bagus? Oke aku mau kasih kalian informasi penting kenapa kalian bisa berjerawat karena Skincare. Ada 3 informasi atau fakta kalian kemungkinan bisa berjerawat karena skincare adalah kesatu, kalian tidak membersihkan muka secara TOTAL. Kedua, jenis dan kondisi kulit kalian tidak membutuhkan perawatan yang kalian pilih dan terakhir adalah tidak merawat kulit dari dalam diri. Iya tepat sekali, semua fakta itu pernah aku alami dan salah satu kebiasaan buruk aku. Lebih tepatnya AKU TIDAK MEMBERSIHKAN MUKA SECARA TOTAL.

Mulai dari bulan Januari sampai Februari aku pakai skincare itu, memang ada hasil tapi di wajahku mulai muncul jerawat 1 dan 2. Awalnya aku santai, sampai ketika di pertengahan bulan Maret aku menyadari bahwa aku harus stop pakai produk ini. Berjerawat, beruntusan, dimana - mana dan sangat mengkhawatirkan. Setelah aku berhenti, mulai dari pertengahan Maret aku berniat kembali lagi pakai produk rangkian jerawat Sariayu yang pernah aku posting di sini https://bit.ly/2KZk1XP

Aku kira kulit wajahku akan kembali normal setelah pakai produk itu, aku beli semua rangkaiannya kecuali masker dan tonernya. Then I just realized that they did not work on me anymore. Sedih. Sudah menghabiskan banyak uang tapi tidak ada hasil sama sekali. Disini aku belum frustasi.

Setelah coba produk Sariayu Acne Series hingga minggu terakhir di bulan Mei. Aku beli pembersih muka merk lain (karena pembersih muka dari Sariayu sudah ga mempan). Pembersih muka yang aku beli merk-nya Lactacyd Baby Ph 4-5, oke ini memang bukan pembersih atau facial foam tapi obat beruntusan untuk pantat bayi.

Kakakku kebetulan rekomendasi produk ini untuk mengeringkan dan menenangkan jerawat di wajahku ini karena memang super duper merah. Berikut fotonya sebelum pakai Lactacyd :



Ya, itulah rupa wajahku saat sebelum menggunakan Lactacyd Baby. Merah, beruntusan dan hampir seluruh wajah penuh dengan jerawat itu. Ya Allah aku dosa apa, itulah yang ada dipikiranku. Foto itu diambil pada bulan Juni tanggal 11 Juni 2016. Selama 5 bulan aku melihat rupaku seperti itu dan itu sangat sangat menyedihkan. I felt you, Acne Fighters.

Sejak hari dan tanggal itu, aku semakin frustasi dari hari ke hari. Betul-betul berada di titik yang paling bawah. Dirasa pembersih wajah saja tidak cukup, aku mulai (bandel) lagi menggunakan skincare Theraskin yang (dulu) ampuh banget buat kulitku. Lagi-lagi aku terjebak, bukannya semakin membaik malah jerawatku makin membiak dan makin kemerahan. Damn... ini rupa ketika dalam perawatan menggunakan Theraskin :

Foto itu diambil pada tanggal 19 Juni 2016. Terlihat ada beberapa yang tidak merah tapi ketahuilah, jerawat terus beranak. Kering satu, muncul 2 memerah.

Dirasa menggunakan Theraskin memperburuk keadaan jerawat dan wajah, aku semakin frustasi dan pasrah. Aku berhenti pakai Theraskin dan HANYA MENGGUNAKAN LACTACYD BABY untuk facial foamku.

Selepas tanggal 19 Juni itu, aku mulai belajar cuek dengan omongan dan pertanyaan sekitar termasuk orang-orang dikantor mempertanyakan wajahku. I knew that they cared but please.. aku yang punya wajah ini aja belum tau kenapa dan apa yang terjadi. Sometime it annoyed and hurted my feeling.

Akhirnya, Lactacyd Baby menunjukan kekuatannya *saelah*. Jerawat mengering, yang sebelumnya merah mulai menghitam. Hampit setiap hari aku cuci muka pakai produk ini dan ini dia penampakan wajahku saat menggunakan Lactacyd Baby sejak 19 Juni:



Foto itu di ambil pada tanggal 22 Juni 2016, 3 hari setelah pemakaian. Lumayan membuat hati merasa lega karena sudah mulai kering :)
Setelah itu, gue mulai makin rajin pakai produk ini. Berikut foto setelah memakai beberapa minggu produk itu:




Foto itu diambil pada tanggal 25 Juni 2016, iya aku pakai makeup tapi ga pakai bedak atau krim atau apapun diwajah. Kalian bisa lihat kalau jerawatku mulai kering dan menghitam. Semuanya jadi blackhead dan terlihat banget banyak mata-nya, mau dipencet aja rasanya tapi aku sudah benar-benar commit untuk tidak pencet jerawat atau sentuh mukaku. It would have gotten worst.
Beberapa hari setelah itu, aku masih setia dengan produk itu hingga bulan Juli. Berikut perkembangannya:



Foto berbaju kuning dengan bandana ini aku ambil pada tanggal 27 Juni. 






Alhamdulillah, semakin ada perubahan ya. Yang tadinya banyak jerawat bermata hitam mulai sedikit memudar dan kering lalu sembuh. Oh iya, semenjak jerawatku kering ini aku mulai menggunakan toner yang aku racik sendiri. Aku pakai cuka Apel dan dicampur dengan air mineral atau air matang yang sudah tersimpan dalam kendi di rumahku *hari gini masih punya kendi hahahahhahaha so old*.

Berikut foto hasil penggunaan Toner Cuka Apel dan Lactacyd Baby:


Perubahannya mungkin tidak terlalu jauh, karena yang sudah - sudah kalau perawatan menunjukan hasil yang bagus dalam waktu cepat sangat mengerikan (red : Theraskin) hahahahahaha. Foto ini di ambil pada tanggal 5 Juli, berikut foto terakhir dari proses jerawatnya. Cuss :


Nah foto itu diambil tanggal 6 Juli 2016, selepas tanggal ini aku belajar untuk hidup sehat yaitu SUGGEST BAHWA SEMUA MAKANAN ITU TIDAK BERPENGARUH DENGAN JERAWAT, SEGALA HAL YANG KULAKUKAN inshaAllah MEMBAWA DAMPAK BAIK DAN HIDUP BAHAGIA DENGAN MEMBERIKAN SENYUM DAN CANDAAN BILA ADA YANG TANYA "SASA WAJAHNYA KENAPA?" :D XD
Jujur, ini caraku detox karena aku belum mampu dan sabar detox dengan minum jus atau semacamnya, cukup minum air putih adem yang aku simpan dalam botol sebelum tidur dan diminum pagi hari. 

Setelah dirasa cukup bersih, saat mulai fokus untuk kecilkan pori-pori, bekas jerawat dan jerawat yang tersisa. Rasanya iri liat muka temen mulus putih merona gitu kan.. tapi apa daya masih takut untuk ketergantungan krim dokter karena tidak semua perawatan dokter itu cocok bagi masing-masing orang. 
Ditambah kulitku tipe yang sangat sensitif, kayak hatiku wkwkwkwkwk.
Pada bulan Oktober 2016, aku mulai tertarik untuk perawatan menggunakan bahan organik. Karena sebelumnya aku pakai Toner Cuka Apel itu ampuh dan merasa kalau kulit itu pasti cocok dengan bahan organik selain tidak ada kandungan apa-apa dan menggunakan bahan alami. Akhirnya aku memutuskan untuk membeli beberapa produk dari Tiff Body, aku tidak di endorse untuk tulis ini loh, pure dari hati bahwa produk mereka betulan ampuh. Kalian bisa cek disini https://www.instagram.com/tiff_body/?hl=id .
Nah produk apa aja yang aku beli? Seperti yang sudah aku sebutkan kalau mau fokus di bekas jerawat dan teman-temannya jadilah aku beli rangkaian Acne Suicide Squad Series, terdiri dari Face and Body Scrub, Acne Liquid Lotion dan Nat's Oatclay Mask. Nah selain itu, sebagai pengganti facial foam, aku beli produk Sacre (masih satu keluarga sama Tiff Body) yaitu Sacre Kefir Soap yang Kuning, liat penampakannya disini https://www.instagram.com/p/BJoqvz6gFaJ/?hl=id .
Tidak perlu sedih, berikut aku pasang gambar babies tersebut disini 👇

1. Face and Body Scrub
Kebetulan kulitku butuh yang varian Coffee and Turmeric, sudah banyak yang tau kalau Turmeric itu obat tradisional yang ampuh banget untuk atasi keluhan jerawat atau kulit acne prone. Aku pakai ini biasanya saat kulitku mulai muncul blackhead menjelang haid atau selepas haid, atau kadang kalau merasa hidung sudah mulai penuh komedo dan kasar. Pemakaiannya cukup basahi tubuh yang di inginkan, oleskan produk dan gosok perlahan ya! Inget ini muka dan badan loh bukan ubin jadi jangan kasar-kasar! :P

2. Nat's Oatclay Mask
Nah ini tuh masker berbahan dasar Oats yang sudah di infused dengan Tea Tree Oil dan Lemon. Kebayang kan wanginya gimana? Mau diseduh aja rasanya! Karena diseduh buat diminum tidak bisa hahaha jadi produk ini dipakai seminggu 2x setelah aku scrub. 

3. Loria Liquid Acne Lotion
Eng ing eng... kalau pakai ini harus kuat baunya dan kuat efeknya. Kenapa? Karena baunya persis Sariayu Intense Acne Lotion, berbau belerang bahkan lebih nyengat selain itu efeknya dingin nyelekit :') 
Ini bukan produk murni Tiff Body, mereka menemukan produk ini dari pembuatnya dan disesuaikan dengan rangkaian produk miliknya dan jadilah rangkaian mujarab! YEAY!!
Aku pakai ini kalau udah muncuk jerawat merah aja kok, dan besoknya kering, pakainya cukup tipis aja menggunakan cotton bud. Ingat, pemakaian berlebih itu tidak baik, secukupnya dan seperlunya ;)


4. Sacrè Kefir Soap
Foto yang atas aku ambil dari instagram resminya, aku tidak sempat foto produknya ketika dalam keadaan rapih karena memang fokus untuk segera merawat mukanya huhu. As you can see, produknya sudah sekecil itu setelah pemakaian. Sudah hampir 2 bulan sabunnya awet. Kekurangannya cuma sabun ini cepat meleleh atau cair bila terkena air, jadi harus hati-hati kalau mau awet. Trick yang aku lakuin adalah, potong sabun menjadi dadu, terus masukan ke dalam botol lalu isi air dan dikocok sampai ada busanya sebelum kalian cuci muka, nah seperti yang kalian tau kalau facial foam itu yang bagus adalah BUSA-nya, orang jepang juga pemakaiannya gitu loh, busanya diambil bukan airnya hihi. First impression pakai produk ini tuh, setelahnya mukaku jadi adem, lembut, kenyal dan besoknya bangun tidur langsung berasa aku ini seperti Raissa XD


Itulah rangkaian perawatan yang dari bulan Oktober sampai detik ini masih aku pakai, selanjutnya aku mau kasih tau kalian produk apa aja yang aku pakai untuk membersihkan muka supaya TOTALITAS bebas dari sisa makeup dan kotoran! Berikut rangkaiannya :

1. NIVEA Cleansing Water

Kalian boleh pakai cleansing water apa aja, tapi kalau aku sih ini. Sekali lagi, kulitku sensitif banget dan nemuin produk yang cocok itu susah. Jadi kalau sudah ketemu ya aku harus setia dong hihi. Produk ini aku wajib pakai selepas aku pakai makeup, even cuma ada dirumah tiduran doang saat mau tidur wajib ritual bersihkan wajah pakai ini. Aku harus hemat, satu cotton pad bolak balik cukup untuk seluruh wajah, produk ini tidak berbau dan berminyak, bisa buat bibir-mata-wajah. Produk ini aku pakai sebelum Cleansing Oil. 

5. Minyak Zaitun Mustika Ratu
Well.. aku bukan beralih dari Sariayu tapi yang lagi diskon cuma ini dan hanya ini yang cocok buat wajahku sebagai double cleansingku. Minyak ini aku gunakan sebagai Cleansing Oilku. Setelah bersihkan makeup dengan Makeup Cleansing Water NIVEA, aku wajib aplikasikan ini. Suer, kalian pasti kaget ternyata wajah kalian masih kotor meski sudah gunakan makeup remover! Setelah wajah bersih dari kotoran, aku mulai hapus sisa minyak dengan NIVEA lagi dengan sisa kapas yang masih bersih dari ritual hapus makeup itu. Hemat yo hemat!
Setelah dirasa bersih, aku mulai cuci wajah menggunakan Sacrè Kefir Soap itu, dan keringkan menggunakan tissue.
Nah, kalian harus paham kalau once cleasing itu tidak cukup maka dari itu aku mulai belajar triple cleansing. Ribet memang, tapi aku ga mau balik ke masa suram itu lagi. Cukup.

Setelah aku membersihkan wajah dengan metode triple cleansing itu, aku mulai menggunakan Toner setelah itu baru rangkaian Tiff Body. Tapi, kalau aku habis scrub wajahku, aku tidak pakai Toner. Cukup air dingin aja setelah itu bobo. Buat yang penasaran cuka apel yang bagus itu apa, ini fotonya :

1. BRAGG APPLE CIDE VINEGAR
Nah ini dia cuka apel yang bermanfaat, kalian harus kuat dengan aromanya karena sangat asam dan bau pesing xD tapi kalian akan mulai terbiasa ketika rutin gunakan ini. Ingat, pakai ini harus dalam kadar aman yaitu masukan 5 sendok makan cuka dalam 250ml air, perbanyak airnya jangan cukanya. Dikocok dahulu setelah itu tuangkan pada cotton pad lalu usap ringan perlahan ke bagian wajah. Ingat, perlahan ya ;)
Buat yang tanya beli dimana, berikut aku cantumkan link Olshopnya https://www.instagram.com/wellfood.organic/ .
Bukan cuma cuka yang dijual tapi makanan organic dan kue organic atau bahkan semua yang organic dari minuman makanan semuanya ada dan harganya cukup terjangkau. Penjualnya baik, ramah dan cepat. Kamu bisa kirim via gojek kalau kebelet atau BM ya hihihi.

Baiklah, itu dia cerita pengalamanku menghilangkan jerawat. Sekarang, wajahku sudah lebih baik dan tidak menyeramkan lagi! Aku tidak mengharapkan hasil yang cepat, biar lama asal sehat. Itu dia prinsip perawatanku saat ini. Say no to produk dokter, kalau kalian mau perawatan yang hasilnya bagus banget dan bebas ketergantungan cobain aja ZAP, tapi harus kuat uang ya! :) tapi kalau aku sih yang biasa saja dulu, yang penting enak di lihat. Wong aku bukan seleb cuma rakyat biasa hehehehehehe.
Penasarankan sama wajahku saat ini, berikut aku sebar selfie-selfie dengan penuh kepercayaan diri!! :P

Foto ini di ambil tanggal 2 Januari 2017, see! Hahahahahahhahahaha. Natural lighting dari matahari, no filter no beauty camera. Ya Allah bersyukur banget, akhirnya bisa kembali normal wajahnya. Untungnya dulu sempat mengalami muka jerawatan yang jauh lebih parah, bedanya kalau yang tahun 2016 tuh hampir seluruh muka dan beruntusan merah-merah. Kalau dulu di Review Acne Series Sariayu cuma kusam, jerawat merah tapi tidak seluruh muka. Berikut foto lainnya:




Foto ini diambil kemarin, menggunakan cahaya kamera. Bagaimana menurut kalian? Kalau aku puas, kalau dibandingkan dengan wajahku saat itu hiks. Oh iya, aku juga mau bandingin foto sebelun aku kena musibah jerawat, foto itu ketika bulan November 2015, berikut fotonya :


Itu dia penampakan sebelum tragedi 2016. Sungguh bening hahahahahaha susah payah eh kena lagi.
Sekarang juga syukuri aja, masih bersyukur hasilnya lumayan. Ini fotoku sekarang, sudah berani menggunakan makeup, tapi aku tidak pernah menggunakan compact powder lagi. Berikut fotonya :


Foto itu pada awal bulan November, ya jerawat masih kadang suka muncul. Wajah masih kusam dan sekarang aku sedang perawatan Lightening, untuk produknya akan aku posting setelah aku berhasil dan ada dampak positifnya ya. Ini foto setelah minggu pertama dan kedua pakai produk tersebut :




Memang waktu tidak bisa dikembalikan, bila masih bisa diperbaiki kenapa tidak berusaha? Aku sempat frustasi tapi aku lagi-lagi harus belajar ikhlas dan berfikir positif. 

Hal yang kalian perlu tanamkan dalam diri adalah :
1. Sugesti positif semua makanan dan minuman
2. Belajar ikhlas, cuek aja sama omongan orang, waktu akan memperbaiki keadaan. Trust it.
3. Minum air putih yang banyak, aku selalu bawa botol 500ml dan selalu isi ulang selama 9 jam setiap hari selama 5 hari kerja dikantor hahahaha.
4. Percaya sama usaha diri sendiri, kebutuhan setiap orang tidak pernah sama.
5. Bersihkan wajah triple cleansing sesuaikan sama jenis kulit dan aktifitas.
6. Berdo'a dan usaha, aku bisa dan kamu juga :)

Sekian postingan dariku, semoga semuanya bermanfaat. Jangan lupa tinggalkan komentar dan kasih tau aku cerita kalian ya! Terima kasih, selamat istirahat dan beraktifitas kembali HOWDies. 


With LOVE ♡

You May Also Like

15 comments

  1. Hai..wow perubahan yang sangat signifikan sekali, kulitmu yg sekarang jrawat berkurang dan shade kulit muka jd cerah, memang benar apple vinegar ini cocok mengobati prawatan kulit jrawat, berminyak, aku mau coba ah nanti, triple cleansing itu wajib ukt kulit yg mudah berjerawat. Keep semangat terus ya :)

    www.savitrihutapea.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wowww kamu cepat sekali! Hihihi thank you udah tinggalkan jejak disini, sehabat pena! ♡

      I follow your blog, lets support each other ya ;)

      Delete
  2. iya begini lah klo malam susah tidur ya Bw saja...iya kita hrs support each other..semangat ☺️ makasih....

    ReplyDelete
  3. Dear coba minyak zaitunnya di ganti grapeseed oil deh.. di aq ok bgt. Klo si minyak zaitun itu katanya dia clogged pores. Thank you for sharing yah.. as an acne fighter my self, i know the struggle is REAL! Fighting!!!

    ReplyDelete
  4. Itu beli dimana niinnn? Leh ugah tuh hahahahaha.
    Anyway makasih juga loooooh, yeaah struggle is real real real udah deh kesabarannya ga tertandingi hahahahahaha xD
    Anyway saling follow yaaa :3

    ReplyDelete
  5. Hai kak aku mau tanya reaksi awal2 pakai toner acv itu kulit kakak gmn ya? Aku tau toner ini pun dari beanty vlogger sih.. karena pas bgt lagi perawatan dokter masuk bulan ke dua kok bruntusan byk bgttt😭😭😭 akhirnya aku stop dan hampir selama sebulan gak aku pakai skin care apa2.. sambil cari2 yg pas tp bukan dr dokter lagi (capek nnt kalo berhenti pemakaian begitu lagi😭) terus liat lah toner2 acv ini, aku coba beli yg share bottol gitu karena gak nemu2 di foodhall -.- takaran 1:2.. awal2 pemakaian apa emg dia kyk ngedotox gitu kah kak?? Makasihh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Fenny! Aku beruntusan sih enggak, tapi jadi kering bgt mukanya 😶 tapi ttp aku jalanin krna pori2 ku mengecil ❤️
      Kamu semangat aja, sabunnya diganti jadi pake Lactacyd baby, jd beruntusannya ilang. Itu sabun bayi yaahhh buat iritasi di badan bayi jadi aman.

      Delete
  6. Kak mau tanya dong. Aku bruntusan juga kayak kakak.Aku juga udah 2 mingguan ini pake cuka sari apel.Tapi toner sama foam nya pake clean n clear.Apa mending diganti sama lactacyd? Trus pemakaiannya sendiri dari cuka sari apel itu kapan?dan berapa kali sehari kak. Makasih

    ReplyDelete
  7. Kak mau tanya dong. Aku bruntusan juga kayak kakak.Aku juga udah 2 mingguan ini pake cuka sari apel.Tapi toner sama foam nya pake clean n clear.Apa mending diganti sama lactacyd? Trus pemakaiannya sendiri dari cuka sari apel itu kapan?dan berapa kali sehari kak. Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh Kholifah!
      Aku saranin mendingan sampai abis dulu produk clean and clear-nya, biar ga sayang uang.
      Buat pertanyaan kamu lainnya, aku pake Toner dari cuka apelnya kalo malem aja soalnya pas lg istirahat kulitnya. Terus pemakaiannya hampir tiap hari pas masih jerawatan kemarin yah.. udah sih itu aja. Makasih yah udah mampir! :)

      Delete
  8. Kak mau tanya dong, aku baru pake toner cuka apel bragg 2 minggu tapi jerawatku malah tambah banyak dan gede dan merah-merah, mending di stop apa di lanjut ya ? Jadi galau nih kak butuh pencerahan :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Ria, jangan panik hehehehe. Kamu udah beli sabun bayinya belum?
      Oh iya, postingan ini ada lanjutannya loh. Yuk cek disini https://sarahowd.blogspot.co.id/2017/08/update-berjerawat-part-ii-produk-organik.html :)

      Delete